SusuNaturamil.com – Menurut Riskedas ada 5 penyakit yang sering menyerang lansia. Riset Kesehatan Dasar merupakan sebuah riset kesehatan berskala nasional yang d!lakukan setiap lima sampai enam tahun sekali. Riset ini memaparkan sejumlah kondisi kesehatan pada berbagai kalangan.

Berikut 5 penyakit yang paling banyak menyerang lansia d Indonesia, menurut Riskesdas 2013:

1. Hipertensi

Hipertensi atau darah tinggi menjadi penyakit nomor satu yang paling banyak lansia derita, menurut Riskesdas 2013. Semakin tua usia Anda, tekanan darah cenderung meningkat.

Ini merupakan sebuah proses alami yang terjadi di tubuh Anda saat usia sudah mulai menua. Namun begitu, tekanan darah tinggi tetap berbahaya bagi lansia karena ini dapat menyebabkan penyakit jantung hingga stroke.

Tekanan darah yang tergolong tinggi adalah jika sudah mencapai 140/90 mmHg atau lebih. Jika sudah mencapai angka ini, sebaiknya memberikan pengobatan dan perawatan kepada lansia untuk hipertensi agar tidak memburuk.

Mengurangi asupan garam, berolahraga, kontrol berat badan, jauhi stres, dan tidak merokok merupakan beberapa cara untuk mengontrol hipertensi.

2. Artritis (radang sendi)

Artritis merupakan peradangan pada salah satu atau lebih sendi Anda. Penyakit ini ditandai dengan rasa nyeri, kekakuan, dan bengkak pada sendi. Sehingga, dapat menyebabkan ruang gerak Anda menjadi terbatas. Semakin tua usia Anda, gejala penyakit ini bisa semakin bertambah buruk.

Untuk itu, Anda perlu melakukan olahraga teratur dan menjaga berat badan Anda agar artritis tidak memburuk. Jika Anda merasa sakit, sebaiknya istirahat dan jangan memaksa untuk melakukan banyak aktivitas.

3. Stroke

Stroke merupakan keadaan yang sangat berbahaya dan butuh pertolongan cepat untuk meminimalkan kerusakan otak. Hal ini terjadi saat suplai darah ke bagian otak tidak terpenuhi, sehingga jaringan otak tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi cukup untuk melakukan fungsinya.

Lansia merupakan golongan yang sering mengalami stroke. Beberapa gejala dari stroke adalah mati rasa pada wajah, lengan, atau kaki pada salah satu sisi tubuh, penurunan penglihatan pada salah satu atau kedua mata, kesulitan bicara atau memahami perkataan orang lain, sakit kepala tiba-tiba tanpa tahu penyebabnya, dan kehilangan keseimbangan saat berjalan.

4. Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK)

PPOK adalah istilah yang mengacu pada sekelompok penyakit paru yang menghalangi aliran udara sehingga membuat penderitanya sulit bernapas. Emfisema dan bronkitis kronis merupakan dua kondisi paling umum yang menyebabkan PPOK.

Jika Anda adalah seorang perokok atau pernah merokok, Anda harus hati-hati. Merokok merupakan faktor risiko dari PPOK. Untuk itu, mulai sekarang berhentilah merokok dan/atau jauhi asap rokok.

5. Diabetes mellitus

Usia yang semakin tua membuat tubuh banyak berubah, termasuk perubahan dalam cara tubuh menggunakan gula darah. Akibatnya, banyak lansia yang menderita penyakit ini karena tubuhnya tidak bisa menggunakan gula darah dengan efisien.

Diabetes merupakan penyakit yang sering djuluki sebagai “ibu dari segala penyakit”, sehingga perlu melakukan perawatan. Mengontrol asupan makanan dan olahraga teratur merupakan dua cara yang penting untuk mengontrol kadar gula darah Anda.

Memelihara kesehatan lansia dapat anda lakukan dengan rutin mengonsumsi susu kambing etawa Naturamil. Terbuat dari susu kambing etawa dengan bahan madu, jahe dan gula jagung yang memiliki banyak manfaat untuk lansia.