SusuNaturamil.com –  Saat merawat lansia ada hal yang perlu anda perhatikan terutama masalah kesehatan. Menurut Kementerian Kesehatan, lansia adalah mereka yang berusia d atas 60 tahun atau lebih.

Lansia membutuhkan perhatian khusus, karena kemampuan tubuhnya yang tidak lagi sama seperti dulu. Merawat lansia bisa jadi tidak sulit tetapi juga tidak mudah.

Beberapa hal berikut ini penting untuk Anda perhatikan dalam merawat lansia.

1. Ketahui batasan normal

Setiap orang memiliki standar nilai tertentu jika berkaitan dengan kesehatan. Misalnya, jika tekanan darah Anda biasanya 120/80 dan jika tiba-tiba tekanan darah Anda naik ke 130/90, Anda tahu ada sesuatu yang salah dan harus anda perhatikan.

Sebagai perbandingan, tekanan darah yang terbilang normal adalah 120/80. Jika lebih tinggi dari 120/80 tapi kurang dari 140/90, maka keadaan tersebut sebagai pre hipertensi, lebih dari 140/90 maka sudah tergolong hipertensi.

jika seorang lansia mengalami diabetes maka tekanan darahnya tidak boleh lebih dari 130/80. Sebaiknya berikan susu Naturamil untuk menormalkan tekanan darah dan mencegah penyakit diabetes pada lansia.

2. Perhatikan asupan gizi

Kebutuhan gizi pada tiap tahap kehidupan tentunya berbeda, tidak terkecuali bagi lansia. Bagi laki-laki yang berusia 65-80 tahun dokter menyarankan untuk mengonsumsi 1900 kkal per hari dan yang berusia 80 tahun ke atas membutuhkan 1525 kkal per harinya.

Sementara perempuan berusia 65-80 tahun membutuhkan 1500 kkal dan yang berusia 80 tahun ke atas membutuhkan 1425 kkal per harinya.

Menerapkan konsep gizi seimbang pada lansia dapat membantu mencegah timbulnya penyakit.

Jika lansia sudah sulit mengunyah, sayur dan buah bisa anda buat jus. Kombinasikan berbagai cara mengolah makanan agar kesulitan mengunyah tidak menjadi halangan untuk memenuhi kebutuhan gizi harian dari lansia.

Jika lansia tidak bisa minum air terlalu banyak, siasati dengan cara menyajikan makanan berkuah atau buah-buahan yang banyak mengandung air.

3. Perawatan gigi dan mulut

Beberapa masalah kesehatan gigi dan mulut yang sering terjadi pada lansia yaitu:

  • Warna gigi menjadi lebih gelap: pada beberapa kasus, perubahan warna gigi ini terjadi karena perubahan pada dentin, suatu jaringan yang terdapat d bawah enamel gigi. Jika sering mengonsumsi makanan atau minuman yang merusak warna gigi (seperti kopi atau teh), warna dentin dapat berubah. Penipisan enamel gigi juga dapat terjadi sehingga bisa menyebabkan lapisan yang berwarna lebih gelap untuk muncul ke permukaan.
  • Mulut kering: terjadi karena berkurangnya produksi air liur dalam mulut. Terjadi bisa karena penggunaan obat, efek pengobatan kanker, atau karena penyakit tertentu yang sedang lansia derita.
  • Gingivitis dan periodontitis: merupakan jenis masalah pada gusi d! mana gusi menjadi kemerahan, bengkak, dan mudah sekali berdarah. Gingivitis mudah untuk menyembuhkan dengan praktik membersihkan gigi dan mulut yang benar. Kunjungan ke dokter gigi juga dapat membantu mengurangi risiko gingivitis bertambah parah. Bakteri yang terdapat pada area terinfeksi dapat menyebabkan gigi menjadi mudah copot.

Tanyakan apakah lansia memiliki kesulitan dalam menjaga kesehatan gigi dan mulutnya.

4. Masalah kesehatan kulit

Beberapa masalah kesehatan kulit yang biasa terjadi pada lansia yaitu timbulnya kerutan, garis wajah yang semakin tampak jelas (atau biasa disebut juga garis senyum), kulit kering dan gatal karena berkurangnya kelenjar minyak di kulit, bitnik hitam, hingga kanker kulit.

5. Waspadai depresi

Depresi pada orang lanjut usia berbeda dengan mereka yang masih berusia muda. Depresi pada usia lanjut biasanya disebabkan oleh penyakit dan disabilitas.

Lansia yang tadinya terbiasa beraktivitas secara bebas tiba-tiba menjadi terbatas pergerakannya karena penyakit maupun kemampuan tubuh yang menurun juga bisa mengalami depresi.

Depresi pada lansia dapat memperbesar risiko munculnya penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung.

Risiko kematian pada lansia yang sudah sakit lalu depresi juga lebih tinggi jika dibandingkan dengan lansia sakit yang tidak depresi. Kemungkinan bunuh diri juga meningkat pada lansia yang mengalami depresi.

Untuk memelihara kesehatan tubuh lansia anda perlu memberi susu kambing etawa bubuk Naturamil yang baik untuk lansia. Bahan yang dikandung adalah gula jagung jadi sangat baik untuk penderita diabetes.