Sukasehat.com – Susu kambing memiliki kandungan nutrisi yang sangat beragam sehingga mampu memberikan banyak manfaat bagi tubuh manusia. Bahkan susu kambing bisa sebagai alternatif yang tepat bagi seseorang yang memiliki alergi terhadap susu sapi.

Meski sekarang ini masih kurang populer, akan tetapi susu kambing sudah ada sejak jaman dahulu kala dan dikonsumsi manusia karena dianggap mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Berikut kandungan nutrisi yang terdapat pada susu kambing.

1. Asam Lemak

Jenis asam lemak seperti linoleat dan arakidonat merupakan sumber energi yang mudah dibakar. Selain itu jumlah kandungan asam lemak esensial pada susu kambing ternyata jauh lebih tinggi daripada kandungan lemak susu sapi.

2. Protein

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa susu kambing tidak mengandung protein kompleks yang bisa menimbulkan alergi layaknya susu sapi. Jadi anda jangan khawatir sebab kesehatan kulit akan tetap terjaga dari rasa gatal maupun bentol-bentol kemerahan akibat alergi susu.

3. Vitamin

Meski sumber vitamin identik dengan buah-buahan dan sayuran, tetapi nyatanya vitamin terdapat pada susu kambing, yaitu vitamin A dan C. Kandungan vitamin A susu kambing bagus untuk kesehatan mata serta membantu mengurangi stretch mark. Sementara vitamin C berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika kebutuhan vitamin sehari-hari sudah terpenuhi maka tubuh pun akan menjadi sehat dan jarang terserang penyakit.

4. Kalsium

Sama dengan jenis susu lainnya, susu kambing juga mengandung kalsium. Adapun fungsi kalsium ini adalah untuk kesehatan tulang. Jadi anda tak perlu ragu bila ingin beralih ke susu kambing.

Berkat kandungan itulah susu kambing memiliki banyak manfaat seperti:

  • Menghindari penumpukan lendir
  • Bertindak sebagai agen metabolik
  • Menenangkan sistem pencernaan
  • Membantu melancarkan produksi ASI
  • Meningkatkan kecerdasan anak
  • Mencegah stres
  • Baik untuk kesehatan jantung

Sumber artikel: Suka Sehat.