SusuNaturamil – Selain madu, propolis juga memiliki manfaat bagi kesehatan keluarga. Lebah selain bisa mengahasilkan madu juga bisa menghasilkan getah yang disebut propolis.

Propolis adalah getah yang dihasilkan oleh lebah ketika membuat madu. Terdiri dari campuran berbagai macam getah tumbuhan dan zat alami dari dalam tubuh lebah.

Berfungsi untuk mengisi celah dan lubang-lubang pada sarang agar sarang lebah telindungi dari mikroba dan hewan pemangsa.

Propolis berkhasiat untuk obat herbal dan dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan. Masyarakat Yunani kuno sejak jaman dulu telah percaya pada manfaat propolis ini.

Beberapa penelitian menyebutkan propolis memiliki ratusan senyawa kimia, salah satunya ialah polifenol. Polifenol memiliki peran sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Kandungan senyawa dalam propolis juga memiliki sifat antibakeri, antivirus, antifungal, dan antiinflamasi.

Sebuah studi yang rilis dalam jurnal Advances in Pharmalogical Sciences, menyebutkan propolis terbuat dari 50% resin, 30% lilin lebah, 10% minyak atsiri, 5% serbuk sari, dan 5% lainnya adalah berbagai senyawa organik.

Biasanya propolis memiliki warna beragam seperti kuning, cokelat kemerahan, hingga coklat tua tergantung dari getah tumbuhan. Selain itu, propolis juga memiliki aroma khas yang wangi.

Sampai saat ini propolis masih menjadi salah satu obat herbal yang banyak orang gunakan. Salah satunya terdapat dalam susu kambing etawa Naturamil, sehingga anda bisa lebih mudah mengonsumsinya dengan harga yang terjangkau.

Berikut Manfaat Propolis bagi Kesehatan Keluarga

Menyembuhkan luka dan herpes genital

Senyawa polifenol yaitu flavonoid dalam propolis berfungsi sebagai anti jamur yang membuat propolis dapat menyembuhkan luka.

Sebuah studi menunjukkan propolis dapat mempercepat pertumbuhan sel baru ketika kulit mengalami luka bakar atau luka melepuh.

Selain itu, kandungan propolis juga dapat menyembuhkan dan mengurangi gejala dari herpes genital. Bukan hanya menyembuhkan, sebuah studi dalam jurnal Phytotherapy Research menunjukkan penggunaan salep dengan bahan dasar propolis dapat menangkal timbulnya virus herpes dalam tubuh.

Hal ini karena propolis memiliki kandungan senyawa pinocembrin yang berfungsi sebagai anti radang dan anti mikroba.

Mencegah perkembangan sel kanker

Menurut salah satu studi dalam jurnal Clinical Review in Allergy and Immunity, propolis dapat menjadi obat herbal anti kanker yang dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Selain itu, propolis juga berfungsi memblokir jalur penyebaran kanker agar tidak semakin meluas. Dan banyak menggunakan sebagai pendamping dari pengobatan kanker agar proses penyembuhan dapat berjalan maksimal.

Penelitian lain menyebutkan, propolis dapat orang gunakan sebagai tambahan terapi kanker yang tepat untuk penderita kanker payudara karena senyawa anti tumornya dapat mengatasi kanker payudara dengan signifikan.

Untuk memastikan manfaat dari pengobatan herbal dengan propolis, masih perlu penelitian lanjutan.

Mengobati penyakit DBD

Ekstrak propolis dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit dan mempercepat penyembuhan. Bisa sebagai terapi tambahan dalam pengobatan pasien DBD. Propolis dapat meningkatkan trombosit, leukosit, hingga hematokrit dalam tubuh.

Mencegah penularan penyakit akibat virus dan bakteri

Senyawa propolis biasanya mengandung zat pinobanksin 3Oacetate, pinobanksin, ferulic acids, chrysin, prenyl esters of caffeic, pinocembrin, dan lainnya.

Kandungan senyawa kimia inilah yang dapat berfungsi sebagai obat sekaligus suplemen daya tahan tubuh.

Zat antioksidan, anti kanker, anti inflamasi, dan kandungan zat lainnya membuat propolis dapat berguna sebagai penangkal penyakit akibat bakteri, virus, maupun jamur.

Selain itu, juga bisa mengatasi masalah flu, TBC, hingga infeksi saluran napas.

Jika seseorang memiliki reaksi alergi dengan madu, serbuk sari, beeswax, atau salah satu komposisi dari propolis itu sendiri, sebaiknya hindari pengguna herbal ini karena dapat menyebabkan reaksi alergi berbeda-beda bagi tiap orang.

Salah satu reaksi alergi yang ditimbulkan pada umumnya ialah ruam merah, gatal, serta bengkak. Dalam jangka panjang, alergi baru terlihat ketika muncul iritasi dan bisul mulut yang terjadi akibat penggunaan propolis.

Anda juga bisa mendapatkan manfaat propolis dari susu kambing etawa naturamil plus propolis. Konsumsi sekarang juga, untuk informasi harga dan pemesanan hubungi +6281361209991.