Sukasehat – Bebas bergerak aktif tanpa ada gangguan rasa nyeri merupakan impian banyak orang sehingga ada banyak cara yang dilakukan untuk menghindari penyakit ini datang. Beberapa olahraga mencegah nyeri sendi ini bisa Anda lakukan setiap hari.

Mengapa sangat penting menjaga kesehatan tulang dan sendi? karena tulang berperan sangat penting untuk pergerakkan dan penyokong tubuh Anda. Sedangkan sendi membantu agar tulang dapat digerakkan dengan lentur.

Berolahraga sangat penting untuk menjaga agar massa tulang tetap padat dan mencegah pengeroposan tulang sehingga tulang tetap kuat. Olahraga dapat memberikan tekanan pada tulang, sehingga memicu tulang untuk melepaskan jaringan yang sudah lama dan membentuk jaringan yang baru.

Berikut Olahraga mencegah nyeri sendi yang terbukti Ampuh !

1. Jalan Kaki

Berjalan kaki merupakan olahraga yang paling mudah untuk Anda lakukan. Lakukan olahraga yang satu ini dengan rutin. American College of Sports Medicine merekomendasikan untuk jalan kaki 3-5 kali seminggu selama 30 menit. Namun, hindari melakukannya jika merasakan nyeri berlebih pada lutut. Hal ini karena intensitas yang lebih tinggi atau bahkan olahraga lari malah akan membebani kerja sendi.

2. Bersepeda

Jika Anda sering mengalami nyeri sendi, olahraga bersepeda merupakan cara yang tepat. Hal ini dikarenakan kaki Anda mengayuh sepeda sehingga sendi lutut menjadi aktif bergerak. Bersepeda juga bagus sebagai olahraga untuk sendi karena memperkuat dan meregangkan otot sekitar sendi.

3. Berenang

Olahraga berenang tidak membebani sendi, tapi tetap bisa melatih kekuatan dan peregangan otot-otot Anda. Agar tidak nyeri sendi kemudian hari, Anda bisa berjalan atau sekadar duduk dan menggerak-gerakan kaki dalam kolam. Gerakan ringan tersebut dapat membuat sendi Anda tetap aktif dan melancarkan cairan pelumas sendi.

4. Latihan Beban Kaki

Latihan beban kaki merupakan bagian penting dari olahraga bagi Anda yang memiliki masalah sendi. Latihan beban kaki ini dapat melatih kekuatan otot sendi agar tetap stabil dan melancarkan pelumas dalam sendi. Olahraga ini tidak harus Anda lakukan di pusat kebugaran menggunakan alat. Anda tetap bisa melakukannya dengan gerakan sederhana dengan melihat dari aplikasi atau video di internet.

5. Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga yang dapat bermanfaat untuk pengidap gangguan sendi. Dengan melakukan yoga, kamu bisa relaksasi dan meregangkan otot-ototmu, khususnya otot paha serta kaki. Selain untuk melatih kekuatan otot, olahraga ini bisa melatih sendi kamu agar lebih fleksibel dan tidak kaku, sehingga mencegah nyeri sendi.

6. Tai Chi

Olahraga bela diri yang berasal dari Tiongkok ini mengajarkan meditasi dan gerakan otot sendi dengan intensitas ringan. Tujuan tai chi adalah untuk meminimalkan rasa nyeri, meningkatkan keseimbangan, dan baik untuk otot tubuh. Luangkan waktu 20-40 menit setiap harinya untuk olahraga tai chi, agar manfaatnya lebih maksimal.

7. Peregangan atau stretching

Melakukan peregangan secara rutin akan membantu melenturkan dan meningkatkan jangkauan gerak sendi kamu, lho. Misalnya dengan peregangan satu lutut ke dada.

Berikut cara gerakan peregangan untuk mencegah nyeri sendi, yang bisa kamu coba di rumah:

  1. Berbaring telentang dan tekuk kedua lutut
  2. Pastikan kakimu rata di tempat tidur
  3. Pegang lutut kanan dengan kedua tangan
  4. Tarik perlahan lutut ke arah dada
  5. Ketika melakukan gerakan ini, rasakan regangan di bagian belakang kaki dan punggung bawah.
  6. Tahan selama sekitar 30 detik lalu lepaskan perlahan. Ulangi peregangan yang sama dengan lutut kiri lalu ulangi 2 hingga 3 kali di kedua sisi.

Supaya nyeri sendi tidak muncul lagi, kamu bisa melakukan gerakan ini rutin di pagi hari dan sebelum tidur malam.

Selain melakukan olahraga tersebut, Anda juga bisa rutin mengonsumsi susu kambing etawa di SukaSehat untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi.

Anda bisa mendapatkan produk susu kambing etawa kualitas terbaik seperti Sheepbrand, SIGOAT, Naturamil dan Skygoat disini. Klik link untuk menghubungi kami di WhatsApp
Kami juga hadir di Marketplace atau Online Shop >> SHOPEE Tokopedia Lazada

Artikel 7 Olahraga Mencegah Nyeri Sendi, Terbukti Ampuh pertama kali tampil pada Sukasehat.com – Distributor Supplier Susu Kambing Etawa Bubuk.