Sukasehat.comMinyak kutus kutus memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh sehingga minyak yang berasal dari Bali ini tengah banyak diminati oleh masyarakat. Perlu untuk anda ketahui, minyak ini hanya bermanfaat untuk pemakaian luar saja tidak untuk dimakan ataupun diminum.

Minyak ini konon sering disebut sebagai minyak kehidupan karena berasal dari daun, akar, batang tanaman sekaligus. Karena termasuk obat luar penggunaannya pun cukup sederhana, hanya perlu anda oleskan pada bagian tubuh yang bermasalah.

Manfaat untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan, seperti gatal-gatal, alergi, gangguan pencernaan, radang sendi, serta berkhasiat untuk mengurangi lemak dan menambah stamina.

Minyak kutus kutus pada dasarnya adalah minyak yang terdiri dari campuran berbagai ekstrak tanaman herbal. Melansir dari Intisari, Servasius Bambang Pranoto yang notabene adalah penemu racikan minyak ini menggunakan sekitar 49 jenis bahan tanaman obat untuk menciptakannya.

“Minyak ini saya temukan karena pada waktu itu meracik minyak pijat untuk mengobati sakit akibat kecelakaan. Eksperimennya pun menggunakan tubuh saya sendiri sebagai bahan percobaan. Tapi, saya juga tidak asal buat, karena sebelumnya saya memang telah mempelajari pengobatan herbal,” ujarnya.

Bahan-bahan herbal yang terkandung dalam minyak kutus kutus, di antaranya minyak kelapa, daun ashitaba, gaharu, purwoceng, daun neem, jintan hitam, serai, dan temulawak. Kandungan herbal tersebut memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan sehingga tidak heran apabila minyak kutus-kutus dipercaya dapat menyembuhkan penyakit.

Minyak oles racikan Bambang ini kini berfungsi sebagai minyak oles atau minyak pijat dan diklaim dapat meredakan begah, perut tidak nyaman, keluhan saluran pencernaan, gigitan serangga, hingga meredakan pegal di otot.

Efek dari minyak kutus kutus sebenarnya sama dengan efek dari minyak esensial pada umumnya. Setelah dioleskan di kulit, senyawa dalam minyak tersebut dapat diserap dan menimbulkan efek tertentu di area yang dioleskan.

Misalnya minyak dioles di daerah kaki, maka aplikasi minyak disertai pijatan akan menimbulkan efek relaksasi. Selain itu, aroma dari minyak kutus kutus dan minyak esensial umumnya akan merangsang area di otak yang disebut sistem limbik.

Sistem limbik berperan dalam mengatur emosi, pernapasan dan denyut jantung. Itulah sebabnya pijat menggunakan minyak kutus kutus juga dapat menimbulkan rasa nyaman.

Berikut Manfaat Minyak Kutus Kutus bagi Kesehatan Tubuh

Mengatasi Stres dan Gangguan Kecemasan

Stres dan gangguan kecemasan dapat terjadi pada siapa saja. Gangguan ini biasanya dapat menyebabkan aktivitas penderitanya terganggu. Apabila sudah mengganggu, Anda mungkin dapat mencoba minyak ini.

Aroma dari minyak kutus kutus dapat memberikan efek relaksasi sehingga merangsang sistem limbik di otak dan dapat menurunkan stres dan mengusir kecemasan.

Nyeri pada bagian tubuh tertentu

Beberapa bahan yang terkandung pada minyak kutus kutus berfungsi sebagai obat analgesik atau pereda nyeri. Penggunaan minyak kutus kutus yang dikombinasikan dengan obat-obatan dapat membantu membantu mengurangi rasa nyeri seperti nyeri punggung bawah, nyeri otot, nyeri pada saat dtang bulan, dan nyeri kepala.

Gangguan tidur

Insomnia adalah salah satu keluhan yang umum ditemui pada orang dewasa. Minyak kutus kutus ternyata bisa menjadi salah satu penawarnya. Penggunaan minyak ini sebelum tidur dapat memberikan efek nyaman, sehingga tubuh terasa lebih rileks dan tidur pun lebih lelap.

Menambah berat badan bayi

Pijat bayi yang saat ini sedang menjadi tren di kalangan orang tua milenial juga dapat dilakukan di rumah dengan menggunakan minyak kutus kutus. Pijat bayi menggunakan minyak memiliki banyak keuntungan, diantaranya meningkatkan penyerapan lemak dari ASI, sehingga berat badan bayi bertambah. Selain itu, pijat bayi juga dapat membuat bayi tidur lebih nyenyak.

Sumber artikel: Suka Sehat.